Senin, 19 Desember 2011

JRKL dan Save The Children Kampanyekan Penghapusan ESKA

by on Oct 27, 20112:41 pm
Radio komunitas memang memiliki peran penting dalam membangun pengetahuan masyarakat. Pengetahuan tersebut sangat dibutuhkan dalam proses penyelesaian masalah yang dihadapi masyarakat.
Salah satu masalah yang dihadapi masyarakat Bandar Lampung, khususnya di Kecamatan Panjang, adalah fenemona Eksploitasi Seksual Komersial Anak (ESKA). Setidaknya, ada ratusan anak di Kecamatan Panjang, Bandar Lampung terjerat dalam masalah ESKA. Tentu saja masalah tersebut mengkhawatiran mengingat dampak buruknya terhadap pembentukan mental dan masa depan anak.
Untuk mencegah berkembangnya masalah ESKA di Kecamatan Panjang, Bandar Lampung, Jaringan Radio Komunitas Lampung (JRKL) dan Save The Children sepakat bekerjasama dalam membangun pengetahuan masyarakat tentang bahaya ESKA dan pentingnya upaya pencegahan dan penghapusan ESKA di radio komunitas Pelangi 107,8 FM. Kerjasama tersebut diwujudkan dalam program Edutaiment untuk Pencegahan GSEC.
Dalam kerjasama tersebut, pegiat JRKL dan Pelangi 107,8 FM akan mengembangkan sistem penyebarluasan informasi pencegahan dan penghapusan ESKA melalui jurnalisme warga, iklan layanan masyarakat, talkshow dan radio dyari. Selain itu, JRKL dan Pelangi 107,8 FM juga akan membentuk komite penyiaran yang berfungsi sebagai forum warga untuk membantu perumusan langkah pencegahan ESKA di Kecamatan Panjang, Bandar Lampung.
Kerjasama yang dimulai November 2011 hingga Oktober 2012 ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan dan informasi yang cukup tentang ESKA kepada masyarakat. Dengan bekal informasi dan pengetahuan tersebut, masyarakat diharapkan mampu merumuskan rencana aksi bersama dalam pencegahan ESKA di Kecamatan Panjang, Bandar Lampung.

Note : Taken from JRKL Website (jrklampung.org)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar